Saturday 26 October 2013

Konsep MVC pada Codeigniter

Codeigniter merupakan salah satu framework PHP yang sangat banyak digunakan developer website untuk membuat websitenya. CodeIgniter dibangun menggunakan konsep Model-View-Controller. Secara umum kelebihan yang dimiliki oleh CodeIgniter jika dibandingkan dengan framework PHP lainnya dapat kita lihat dari segi kecepatan akses website, penulisan program yang lebih terstruktur dan yang terpenting dukungan dari beberapa komunitas pendukung. Berdasarkan catatan saya, fitur-fitur lainnya yang banyak dibahas dalam forum-forum dan menjadi kelebihan utama CodeIgniter antara lain


Menggunakan Struktur MVC


Penggunaan metode penulisan MVC, memudahkan developer dalam hal pengembangan website. Selain itu, dengan penggunaan struktur MVC, developer akan mudah melakukan tracing terhadap website apabila terjadi kesalahan pemrograman ketika proses pengembangan website.

MVC adalah konsep dasar yang digunakan oleh CodeIgniter. Apabila ingin develop menggunakan framework ini, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu konsep MVC pada Code Igniter. MVC adalah singkatan dari istilah Model, View, Controller. Komponen-komponen pendukung MVC antara lain.

1. Model

Model sangat erat hubungannya dengan data yang berinteraksi langsung dengan database. Dalam struktur model, file yang terdapat didalamnya kebanyakan berupa teks, file XML dan web service. Didalam struktur ini juga terdapat sebuah class yang berfungsi unguk create, update dan delete data pada website

2. View

Berbeda dengan model, view sangat erat kaitannya dengan tampilan website yang ditampilkan pada end user. Tampilan tersebut bisa berupa halaman web, rss, javascript dan lain sebagainya. Biasanya kita lebih familiar dengan istilah HTML, CSS dan Javascript, nah lebih kurang konsep View memiliki fungsi seperti itu. Pada struktur View, disarankan untuk tidak terdapat proses logika dan proses pengitungan data. 

3. Controller

Controller mempunyai fungsi sebagai penghubung antara data dan view. Didalam proses ini terdapat class yang memproses permintaan dari view ke dalam struktur data yang berada di model. Sama dengan ketentuan di view, pada struktur kontroller sangat disarankan untuk tidak terdapat proses logika dan perhitungan data. Controller sendiri memiliki tugas untuk menyediakan variabel guna ditampilkan pada view dan menghubungkan model dengan database. 

No comments:

Berikan Komentar